Latest Games :

Sponsor

Home » » MENIKMATI KERIS II

MENIKMATI KERIS II

Sabtu, 05 September 2009 | 0 komentar

MENIKMATI KERIS II

Disini akan kita ulas menikmati keris dari ricikan keris yang berupa Sogokan.

Sogokan adalah cekungan di bagian sorsoran keris mulai dari dasar keris menuju ke area sorsoran keris, bahkan ada sogokan keris yang sampai diujung keris. Sogokan ini ada dua jenis yaitu sogokan di depan dan sogokan dibelakang. Mengenai bentuk dan gambar sogokan keris dapat dilihat pada detail gambar disini: Http://kerisdanuri.fotopic.net/c1674940.html

Sogokan sebuah keris melambangkan sebuah tujuan dalam kehidupan manusia di dunia, tujuan hidup manusia tersebut bagi yang mau mengakuinya adalah tujuan keduniawian dan tujuan Ukhrowi/Akherat. Namun kadang kita lupa hanya memikirkan tujuan keduniawian saja tanpa memperdulikan tujuan akherat. Tujuan keduniawian itu penting namun jangan sampai melupakan tujuan yang lebih penting yaitu Tujuan Akherat. Kita baru teringat disaat usia kita sudah tua dan tidak mampu berbuat banyak untuk tujuan akherat kita.

Sebagai contoh Keris dapur Kalanadah, keris Luk 5 dengan ricikan Sogokan depan mengisyaratkan kepada manusia bahwa tujuan di dunia ini adalah menerima waktu (kala=waktu nadah=menerima), manusia yang dapat menerima dan memanfaatkan waktu adalah manusia yang akan mendapat kebahagiaan di dunia dan Akherat kelak.

Contoh yang kedua Keris dapur Sumelang Gandring ,Contoh yang kedua dapur Sumelang Gandring ,is lurus dengan Sogokan bagian depan, mengisyaratkan bahwa “ sumelang” =was-was, bingung dan “Gandring”=cinta kepada Tuhan/akhirat, kalau gandrung adalah cinta ke pada dunia (harta/wanita/tahta). Manusia harus was-was tentang cintanya kepada Tuhan, harus memikirkan apa yang bisa dibawa pada saat datang kepada yang Dicintainya (TUHAN), jangan samapai datang ke hadapan Yang dicintai dengan bekal kosong dan kenistaan.
Contoh yang ketiga Keris dapur Kantar, keris Luk 13 dengan sogokan Depan Keris ini mengisyaratkan bahwa siapa nanti yang akan membawa kita kehadapan-NYA, siapa yang mengantarkan Kita pada saat kita menghadap KepadaNya. Siapa yang membimbing kita pada saat kita Menghadap kepadaNya, ilmu kita, guru kita, amal kita, ibadah kita, nabi kita atau siapa ?

Contoh cara menikmati salah satu bagian keris yang berupa sogokan dan Dapur keris diatas mungkin berbeda dari tiap-tiap pecinta keris karena masing-masing memiliki pengetahuan dan pemahaman yang berbeda-beda, intinya jangan sampai melenceng jauh dari norma dan agama yang kita anut.

Nikmat sekali rasanya kita diingatkan oleh sebuah karya nenek moyang kita, kita bisa bayangkan sebegitu hebatnya pemahaman beliau Sang Empu pembuat keris ini dalam memasukkan intisari kehidupan dalam sebuah seni pahat dari metal .

Semoga bermanfaat
©Kerisdanuri, III, 2009
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Keris Danuri - All Rights Reserved
2f016ac01447bc5e2791db846bd4c1a464a1cb408c46b79ba0
Proudly powered by Blogger