Latest Games :

Sponsor

Home » » KERIS YANG BAIK

KERIS YANG BAIK

Sabtu, 05 September 2009 | 0 komentar

KERIS YANG BAIK

Semakin kita mempelajari dan menggeluti budaya keris semakin kita akan terus menikmati indahnya petualangan-petualangan yang berhubungan dengan keris tersebut . Kenapa menikmati indahnya pengalaman padahal kadang kita mendapatkan sebuah pengalaman pahit dalam mendapatkan sebuah keris, ?

Benar sekali, saat ini memang pahit tapi nantinya pengalaman itu bisa menjadikan kita semakin pandai dan sulit untuk ditandinggi, disinilah letak nikmat dan indahnya pengalaman itu.
Dari proses perburuan sebuah keris kita akan mendapatkan keris yang kita perkirakan keris yang baik. Maksudnya keris yang baik adalah keris yang sesuai dengan selera kita.

• Ada yang berselera keris dari sisi isi atau tuahnya,
• ada yang dari sisi garapnya,
• ada yang dari sisi pamornya atau
• ada juga yang dari sisi mitos semata. Karena terinspirasi oleh

suatu hal maka dicarilah sebuah keris dari hasil inspirasi tersebut atau membuat sebuah dapur keris berdasarkan inspirasi yang telah diterimanya.

Nah dari sini kita akan mengetahui perbuatan kita ini setelah 5 atau 10 tahun kemudian setelah kita mengetahui budaya keris dengan baik dan benar. Ternyata keris yang dulu diburu sampai keujung pulau hanya sebuah keris biasa pada umumnya, dan bukan sebuah keris yang baik.

Terus seperti apa keris yang baik itu ?

Mudah jawabannya,

1. Keris yang baik bagi seseorang adalah keris yang cocok dan bermanfaat bagi pemilik keris, ini jika kita lihat dari sisi isoteri keris
2. Keris yang baik adalah keris yang mengikuti pakem perkerisan, garap, ukuran, ketelitian, keseimbangan, pamornya, kandungan besi, baja dan pasikutannya, ini jika kita lihat dari sisi perhitungannya atau eksoteri

Nah dari dua jawaban diatas akhirnya tinggal si pemilik keris itu sendiri ingin memiliki keris yang baik yang seperti apa ?
Alangkah baiknya kedua jawaban tersebut dipakai sebagai ukuran dalam mencari dan memiliki sebuah keris, keris harus benar dari sisi eksoteri dan cocok dari sisi isoteri. Akhirnya kita akan mendapatkan sebuah keris yang baik secara Garap dan cocok berdasarkan isi atau tayuhannya.

Semoga bermanfaat.
© Kerisdanuri , II, 2009
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Keris Danuri - All Rights Reserved
2f016ac01447bc5e2791db846bd4c1a464a1cb408c46b79ba0
Proudly powered by Blogger