Latest Games :

Sponsor

Home » » Keris Baru 2

Keris Baru 2

Sabtu, 05 September 2009 | 0 komentar

Keris Baru 2

Sebuah keris baru apakah memiliki daya, aura, yoni atau kekuatan?
Apa jawaban anda pertama kali mendapat pertanyaan diatas ? pastilah jawaban anda “keris baru pastilah tidak ada daya, aura, yoni atau kekuatannya”
Sebelum menguraikan benar dan tidaknya jawaban anda maka kita ketahui dahulu beberapa keris baru seperti pada tulisan saya terdahulu, tentang “Keris Isi dan kosong” , keris terbagi menjadi beberapa kategori diantaranya :
1. Keris Souvenir : Keris yang sengaja dibuat untuk hadiah pada seseorang atau untuk diperdagangkan dalam dunia luas, keris ini biasanya dibuat sederhana atau juga ada yang dibuat indah dan sangat menarik, namun isi atau tuahnya tidak ada. Keris-keris model ini biasa dibuat oleh pengrajin dan bukannya seorang Empu Keris. Dalam sehari seorang pengrajin keris ini dapat membuat 15 sampai 20 buah dan biasa diperjualbelikan sebagai barang Souvenir.
2. Keris Ageman : suatu keris yang hanya menonjolkan keindahan bentuk atau model keris tersebut. Keris yang demikian ini tidak ada isinya karena Sang Empu pada saat membuat keris tanpa melakukan tapa brata dan upacara-upacara tertentu. . Dalam sehari seorang Empu keris ini dapat membuat 3 sampai 5 buah.
3. Keris Tayuhan : Sebuah keris yang dibuat oleh seorang Empu melalui upacara-upacara khusus, biasanya pada jaman dahulu ada seseorang yang memesan Keris pada seorang Empu untuk suatu keperluan, untuk kewibawaan, memudahkan dapat rejeki atau juga untuk penolak bala. Kemudian sang Empu membuat keris sesuai keinginan dari pemesannya dan tentu saja keris tersebut memiliki tuah atau isi sesuai keinginan dari sang empu. Biasanya Keris model ini sederhana tapi ada juga yang dibuat indah dan menarik. Dalam setahun seorang Empu keris dapat membuat 1 atau 5 buah.
4. Keris Pusaka : Sebuah keris yang dibuat oleh seorang Empu keris yang memiliki ciri – ciri indah dan memiliki tayuhan. Tentu saja pada saat pembuatan melakukan upacara-upacara khusus agar keris tersebut bertuah. Dalam setahun seorang Empu keris dapat membuat 1 atau 2 buah saja.
Kilas balik, Pada jaman Majapahit seorang Satria memesan sebuah Keris pada seorang Empu, dengan sebuah tujuan dan keinginan agar keris tersebut dapat cocok dan meningkatkan karir serta ketentraman, kemudian sang Empu menyanggupi dan membuat sebuah dapur keris sesuai pesanan dari Satria tadi. Akhirnya selesai pada waktu yang ditetapkan, sebuah keris baru buatan Empu diberikan kepada Satria. Ya SEBUAH KERIS BARU pada masa itu. Gmana pendapat anda tentang keris baru tersebut ?
Dan jika di jaman ini ada sebuah keris baru yang dibuat oleh sang Empu pada masa kini dengan garap masa kini juga serta dengan tata cara seperti Empu pada jaman Majapahit tersebut , apakah kita akan menolak keris baru tersebut ?
Akhirnya dapat kita bedakan keris baru yang buatan Empu dengan keris baru buatan pengrajin. Kedua ahli keris diatas memiliki perbedaan antara lain :

1. Seorang Empu membuat berbagai ricikan keris dengan cermat dan teliti (Ricikan pada Bilah, Ricikan pada Ganja dan Ricikan pada Pesi)
2. Seorang Empu membuat pamor pada keris dengan cermat dan teliti tanpa ada yang Mis atau salah
3. Seorang Empu memilih besi keris berkualitas dan bermutu
4. Pada setiap sisi keris menjadi tajamnya keris dan pasti tajam, jadi tidak ada bagian keris yang tidak tajam.
5. Keris buatan empu diberi warangka yang baik dan dengan kayu pilihan.
6. Biasanya seorang Empu minggalkan satu identitas sebagai cirri khas empu tersebut, jika anda cermat pasti dapat menemukannya.

Semoga bermanfaat
Copyrigth © Kerisdanuri, I,2009
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Keris Danuri - All Rights Reserved
2f016ac01447bc5e2791db846bd4c1a464a1cb408c46b79ba0
Proudly powered by Blogger